Guru Terpencil Tuntut Tunjangan Datangi Dinas Pendidikan Aceh Selatan


Tapaktuan - Sembilan guru terpencil yang terdiri dari guru SD dan SMP di Alue Keujeren, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, mogok mengajar, karena mereka harus mendatangi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan, untuk menuntut agar semua guru di sana diberikan tunjangan guru terpencil, Senin (30/8/2021).

Perjuangan untuk mengajar disana tak mudah, jarak tempuh dari daratan Menggamat ke Alue Keujeren selama tiga jam dan menempuh jarak sekitar 38 Km menggunakan boat stempel nelayan.

Satria Amnar, S.Pdi., salah seorang guru terpencil Alue Keujeren kepada wartawan BERITAMERDEKA.net, mengatakan semestinya mereka harus lebih diperhatikan dan layak mendapatkan tunjangan guru terpencil, karena tempat mereka bekerja di hulu sungai, di tengah hutan, namun kenyataannya sampai dengan triwulan kedua semester 1 tidak mendapatkan tunjangan terpencil.

Setelah dipertanyakan ke pihak dinas, mereka kecewa dan kurang puas dengan jawabannya, karena hanya dijawab akan diusahakan semester dua di triwulan ketiga dan empat, ucapnya.

Satria menambahkan, selama tiga tahun mengajar di Alue Keujeren, setiap tahunnya diantara para guru, ada yang tidak dapat, tetapi dalam tahun ini semua guru sama sekali tidak menerima, beda dengan tunjangan guru honorer yang selalu keluar.

Satria menilai Dinas terkait tidak profesional karena dulu rekannya pernah bertanya ke Dinas kapan pengusulan tunjangan terpencil tersebut bisa diusulkan, Dinas menjawab belum bisa diusulkan, sementara sekarang ini Dinas menuding kalau guru ini telat mengusulkan.

Harapan kedepannya jangan ada hal-hal seperti ini, seharusnya hari ini mereka mengajar karena datang kemari, sehingga mengajar diliburkan, pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan, Erdiansyah, S.Pd, mengatakan terkait belum terbayarnya tunjangan terpencil itu, karena mereka terlambat memberikan data kepada operator Dinas, dan saat ini anggaran juga sangat terbatas, ujarnya singkat.|yati|

Sumber: https://beritamerdeka.net/news/guru-terpencil-tuntut-tunjangan-datangi-dinas-pendidikan-aceh-selatan/index.html

Post a Comment

Previous Post Next Post