Kerjasama dengan IGI, Cabdindik Wilayah Aceh Selatan Maksimalkan Penggunaan Portal Rumah Belajar Kepada Guru


ACEH SELATAN – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Selatan Annadwi, SPd, MM membuka secara resmi kegiatan peningkatan kompetensi guru dalam pemanfaatan Rumah Belajar yang terintegrasi akun belajar.id. kepada guru SMA, SMK dan SLB di Kabupaten Aceh Selatan, pada Senin 8/11 di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan setempat.

Kegiatan yang akan berlangsung mulai 08-12 November 2021, merupakan program kerjasama IGI Kabupaten Aceh Selatan dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Selatan dengan pemateri Irfan Dani, SPd.

Annadwi dalam sambutannya menyampaikan, program pengenalan Rumah Belajar ini sangat penting diajarkan kepada guru, agar mereka lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran.

“Konten-konten dan media pembelajaran yang tersedia di Rumah Belajar tersebut dapat dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, dan masyarakat dalam belajar”, ujarnya.

Selanjutnya Annadwi menjelaskan, bahwa masing-masing fitur dalam portal Rumah Belajar memiliki karakteristik yang berbeda sehingga pola pemanfaatan tiap fiturpun dapat berbeda. Oleh karena itu, perlu disusun pedoman pemanfaatan fitur-fitur Rumah Belajar.

Sementara itu, Kasi Pengembangan mutu guru dan tenaga kependidikan Munadi El Sukni, ST mengatakan saat ini guru berada di era digital, semua aktivitas pendidikan bahkan sendi-sendi kehidupan tidak lepas dari pemanfaatan teknologi digital. Dampak era digital pun mempengaruhi sikap dan perilaku peserta didik dalam keseharian.

“Dalam mendidik, guru harus memiliki beberapa keterampilan untuk menghadapi perubahan kebudayaan di era serba cepat ini. Guru wajib memiliki keterampilan yang disebut dengan Keterampilan Abad 21”, ujarnya.

Adapun Keterampilan Abad 21 yang wajib dimiliki guru adalah: kesabaran dan kegigihan, memahami perkembangan iptek, berpikir kreatif, dan manajemen dunia maya, demikian pungkas Munadi.

Sumber: https://www.jaringanpelajaraceh.com/berita-terkini/kerjasama-dengan-igi-cabdindik-wilayah-aceh-selatan-maksimalkan-penggunaan-portal-rumah-belajar-kepada-guru/

Post a Comment

أحدث أقدم